Mengubah Nama Domain Blogger jadi .Com , .Web.id , .Net , .Org etc

Sahabat Bara sekalian, tentu sangat ingin sekali memiliki domain sendiri. Apalagi bagi sahabat yang gemar blogging, pasti sangat mendambakan untuk memiliki domain sendiri. Baik dengan embel-embel .com, .web.id, .net, .org atau yang lainnya. Nah, disini bara sedikit berbagi info bagaimana cara untuk sahabat memiliki domain sendiri tersebut. Serta, bagaimana sahabat mengkonfigurasinya di DNS Gratis :)

Disini, awalnya saya akan membahas untuk mengatur DNS (Domain Name System). Ini untuk mengkonfigurasi DNS kita agar nantinya kita hanya membeli domain saja tanpa membeli hosting.

Untuk DNS, saya menggunakan jasa pelayanan gratis DNS dari DNSPark.net. Cara pengaturannya disini sangat mudah sekali. Saat mendaftarkan domain yang akan kita gunakan, kita akan diberikan Name Server berikut ini : fns1.dnspark.net dan fns2.dnspark.net. Ini yang akan kita gunakan saat mengkonfigurasi name server saat membeli domain di tempat lain. :)


  • Langkah Pertama, sahabat harus membeli domain yang sabahat kehendaki. Sahabat bisa membelinya di berbagai tempat jasa pelayanan hosting manapun :).
  • Saat pendaftaran, biasanya akan ada langkah langsung mengkonfigurasi domain yang kita pesan, yakni mengkonfigurasi Name Server, masukkan name server fns1.dnspark.net dan fns2.dnspark.net
  • Jika sudah mengkonfigurasi di tempat pembelian domain dan sudah selesai melakukan transaksi pembayaran, silahkan sahabat login ke DNSPark.net.
  • Tahap berikutnya, tinggal mengkonfigurasi di DNSPark.net
    1. Klik Tab DNS Hosting, kemudian masukkan domain yang sahabat beli di kolom Add New Service seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
    2. Jika sudah, akan muncul nama domain sahabat. Klik nama domain sahabat untuk melakukan konfigurasi terhadap domain tersebut.
    3. Berikutnya akan tampil panel DNS tempat mengkonfigurasi DNS untuk domain yang sahabat miliki. Agar domain sahabat aktif silahkan buat Host Record dengan type CNAME. Untuk lebih jelasnya silahkan atur CNAME agar seperti gambar berikut.
    4. Jika sudah, klik tombol Update All. Setelah mengklik, proses konfigurasi untuk nama domain sudah selesai. Silahkan tunggu maksimal 2 hari untuk proses pengaktifan dari DNSPark.net :)

Komentar

  1. sama2.. semoga membantu dan selamat berkunjung :D

    BalasHapus
  2. thanks gan infona...akan saya coba ya....

    BalasHapus
  3. Silahkan Jeff... :D
    slamat mencoba.. :D
    klo perlu bantuan, jgn sungkat email saya di
    gautama@barayuda.web.id

    Oia, trims udah berkunjung.. ;D

    BalasHapus
  4. wah terimakasih infonya...
    saya ada beberapa pertanyaan nih...
    apa yang kita isi di settingan pandi nya?
    trus gimana cara buat email yang ini gautama@barayuda.web.id?

    trims banyak...

    BalasHapus
  5. Sama2.. :D
    name server dipandi diisikan dengan server name yg anda dapatkan dari dnspark.net :D

    Lalu untuk pembuatan seperti itu, nanti saya akan buatkan postingannya. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan Komentar sahabat disini atau feedback untuk kemajuan blog ini :)
Jika ingin bertukar link website atau blog silahkan klik disini :)

Salam Blogger.