Trik Dasar Memahami jQuery (Bagian 1)

Bagi para sahabat yang berkecimpung di dunia website, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya jQuery. Dengan slogannya, "Write less Do More", jQuery mampu mengalihkan para web developer untuk mencobanya karena berbagai efek yang disuguhkan oleh jQuery layaknya animasi yang dibuat dengan flash. Tak hayal, jQuery pun kini menjadi trend dikalangan web developer.

Kalau kita tengok ke website resminya jQuery di bagian dokumentasi (http://docs.jquery.com/), maka ada 11 hal yang harus kita pelajari untuk berteman baik dengan jQuery ini :). 11 Hal tersebut biasa disebut dengan jQuery Api (Application Programming Interface), diantaranya :
  1. jQuery Core.
  2. Selectors.
  3. Attribute.
  4. Traversing
  5. Manipulation.
  6. CSS.
  7. Event.
  8. Effect.
  9. Ajax.
  10. Plugin / jQuery UI (User Interface)
  11. Utilities.
Kesebelas diatas merupakan hal yang membuat jQuery sangat menarik, karena bisa saya umpamakan, kita bisa membuat sesuatu layaknya flash dengan jQuery.

Gambar berikut, memberikan sekilas tentang penggunakan dari jQuery :


Pada Umumnya, perintah jQuery digantikan dengan tanda dolar ($) yang merupakan simbol resmi dari jQuery. Jika diimplementasikan ke penggunaanya adalah seperti berikut :


Intinya, fungsi jQuery akan mencari suatu elemen tertentu yang telah didefinisikan di bagian body, kemudian melakukan sesuatu terhadap elemen tersebut.

jQuery mempunyai fungsi-fungsi yang tergabung dalam kelompok Class yang berguna untuk menambahkan dan menghapus attribut Class beserta nilainya pada suatu elemen. Ada 3 fungsi yang termasuk ke dalam kelompok Class, yaitu :
  • addClass("nama_class") : menambahkan class pada elemen yang dipilih.
  • removeClass("nama_class") : menghapus class pada elemen yang dipilih.
  • toggleClass("nama_class") : menambahkan class pada suatu elemen apabila pada suatu elemen tersebut belum digunakan class, namun apabila pada elemen tersebut sudah menggunakan class, maka class pada elemen tersebut akan dihapus.
Untuk fungsi class tersebut biasanya akan kita gunakan pada saat menggunakan selectors.

Komentar