Install PCM100 di Ubuntu 11.10

Saat memutuskan ingin beralih ke opensource 100% (yang sebelumnya hanya 50% aja :P ), banyak sekali yang ingin saya coba. Mulai mencoba berbagai aplikasi, dan tentunya melakukan perbandingan apakah aplikasi yang ada di Windows ada yang sejenis juga untuk di Ubuntu (Ubuntu menjadi pilihan saya karena memiliki komunitas yg terus bertambah :D ). Saat pertama mengenal ubuntu, saya menemukan aplikasi unik yang bisa mengeksekusi file dengan ektensi .exe (wine), dimana jika sekarang kita install di ubuntu versi 11.10 (Oneiric) akan ada Term & Condition dari Microsoft. Ok, sepertinya cukup basa basinya :D. Sebelumnya saya ingin berbagi pengalaman jika PCM100 Black, tidak dikenali sepenuhnya di ubuntu, walaupun kita menggunakan GNOME PPP atau sejenisnya.

Setelah selancar sana sini di google, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan PCM100 new version (White) dan menjual PCM100 yang lama. Untuk menginstall PCM100 sangat mudah, karena dalam ZeroCD PCM100 telah terisi driver untuk ubuntu (CrossPlatformUI-V2.1.0-PROLiNK-i386-ubuntu.deb), fedora (CrossPlatformUI-V2.1.0-PROLiNK-i586-fedora.rpm), openSUSE (CrossPlatformUI-V2.1.0-PROLiNK-i586-openSUSE.rpm), dan tentunya driver untuk Windows. Sebelumnya copykan terlebih dahulu driver yang terdapat dalam ZeroCD ke flashdisk teman2, kenapa?  Saat saya mencoba langsung tancap langsung modemnya, ZeroCD itu tidak terbaca. Mungkin dari teman2 sekalian sudah ada yang menemukan caranya mohon di share disini yah :D. Ok, setelah driver sudah ada di flashdisk teman2, untuk menginstall driver PCM100 di ubuntu, disini yang telah saya coba ada 2 cara, yakni:

  1. Tancapkan modem pada laptop teman2, dan pastikan semua koneksi telah mati. Kenapa? karena pada ubuntu biasanya wifi langsung hidup dan bila dalam jangkauan wifi, ubuntu akan melakukan konektifitas secara langsung. Setelah teman2 memastikan telah mati, silahkan teman2 langsung double klik pada CrossPlatformUI-V2.1.0-PROLiNK-i386-ubuntu.deb. Maka ini akan langsung masuk ke Ubuntu Software Center. *)



  2. Untuk cara yang kedua, teman2 bisa menginstallnya melalui terminal. Untuk cara ini, saya menggunakan perintah "mc" (tanpa tanda petik). Jika pada terminal teman2 tidak terdapat perintah ini, silahkan teman2 install dengan cara, masuk ke akun root dari terminal dgn perintah "sudo bash", kemudian masukkan password teman2 (bukan password root). Setelah itu, teman2 masukkan perintah "sudo apt-get install mc". Setelah proses install selesai, (masih menggunakan akun root) teman2 ketik perintah "mc", maka akan terlihat seperti explorer versi terminal (hehe, menurut saya sih begitu, hehe).



Setelah seperti tampilan di atas, silahkan teman2 cari driver PCM100 (pada gambar, sesuai yg ditunjukan cursor). Jika ketemu, teman2 tekan "ENTER" pada keyboard. Maka akan tampil seperti gambar berikut dan selanjutnya teman2 silahkan tekan "ENTER" lagi pada INSTALL* (pada gambar, sesuai yg ditunjukan cursor).



Setelah teman2 menekan "ENTER" pada keyboard, akan terjadi prosess install yang sangat cepat. Jika sudah kembali pada posisi seperti gambar di atas. silahkan teman2 klik Quit yang ada di pojok kanan bawah dan tutup terminal. Prosess install pun selesai, sekarang shortcut telah ada pada Dash Home.


*) Jika, terjadi error saat langsung men-double klik untuk melakukan installasi dengan cara yg pertama. Silahkan teman2 langsung menggunakan cara yg kedua.
**) Pada saat menggunakan CrossPlatformUI ini, mungkin akan mengalami error. Jika terjadi silahkan teman2 edit statusnya lewat terminal dgn cara:
- Pertama backup terlebih dahulu statusnya "sudo cp /var/lib/dpkg/status /var/lib/dpkg/status.bak".
- Lalu buka, dgn perintah "sudo gedit /var/lib/dpkg/status".
- Kemudian hapus satu paragraf CrossPlatformUI dan sisakan satu spasi antar paragraf.

Sumber: KASKUS.

Akhir posting, selamat mencoba. Untuk modem yang satu ini saya sangat senang karena koneksinya stabil dan jika putus akan koneksi otomatis. :)

Komentar