Membuat Email dengan Domain Sendiri

Karena ada seorang pengunjung blog sederhana saya ini ada yang bertanya, saya juga bingung untuk menjawabnya bagaimana, hehe. Ini saya mungkin tidak bisa sebagusnya membantu, tapi semoga apa yang saya ambilkan dari bantuan google ini bisa membantu. :). Cara ini untuk setting domain yang berbasis blogger :D.


(Sebagai contoh saya menggunakan dnspark.net sebagai layanan DNS, dan saya asumsikan hosting DNS untuk domain teman-teman juga di dnspark.net) Silahkan teman-teman masuk ke akun dnspark.net yang sudah teman-teman miliki. Kemudian pilih ke menu DNS HOSTING, selanjutnya pilih domain yang akan digunakan untuk domain email (misalnya, contoh yang saya punya surat.barayuda.web.id)

Ini langkah-langkah yang saya lakukan:
  • Silahkan buat record dengan tipe CNAME, alias name SURAT (utk ini bebas bisa gunakan mail atau apa saja untuk email teman-teman) dan yang terakhir pada kolom destination hostnya diisikan ghs.google.com (silahkan teman-teman sesuaikan dengan gambar dibawah ini)

  • Kemudian buka tabs baru, login ke google apps teman-teman (saya juga mengasumsikan teman-teman sudah memilikinya :D, dan pastikan yang gratis alias free). Scroll kebawah dan klik gambar email.
  • Selanjutnya, klik link ubah url kemudian masukkan alias name yang sudah teman-teman buat recordnya di dnspark.net (disini saya mengetikkan SURAT pada kolom tersebut). Lalu, klik tombol lanjut.
  • Setelah itu akan ada permintaan untuk memasukkan record MX pada hosting dns kita, disini teman-teman kembali ke tabs browser sebelumnya DNSpark. Dan, silahkan teman-teman buat record MX. Silahkan teman-teman masukkan isi record tersebut sesuai dengan gambar dibawah ini.

Setelah itu, akan ada pemberitahuan pada google apps dashboard teman-teman yang memberitahukan akan aktif 1x24jam. Namun, yang biasanya saya alami paling hanya beberapa menit saja akan aktif. Untuk contohnya, teman-teman bisa berkunjung ke yang saya miliki surat.barayuda.web.id :) . Semoga kepada teman-teman yang menanyakan ini beberapa bulan lalu di blog saya ini, artikel ini bisa membantu teman-teman. :D

Sumber / Source:
- Google Apps Service
http://support.google.com/a/bin/answer.py?hl=id&answer=33915 


Komentar