Memberi Hak Akses Root ke Aplikasi (XAMPP)

Mungkin teman-teman pernah mengalami, beberapa aplikasi di opensuse saat dijalankan tiba-tiba langsung menutup dengan sendirinya. Atau, dibeberapa aplikasi akan memunculkan pesan Access Denied. Ini yang saya coba berpengaruh dimana aplikasi ini diinstall sebenarnya memerlukan hak akses root untuk menjalankannya. Caranya ada dua, buka melalui terminal yang sudah masuk dengan user root atau membuat shortcut dan memberikan hak user root pada shortcut tersebut.


Disini saya coba sharing, bagaimana membuat shortcut dan memberikan hak akses root ke shortcut tersebut. Yang saya coba disini, dengan aplikasi XAMPP for Linux. Saya asumsikan sudah terinstall dengan baik lampp (nama xampp di linux) pada sistem operasi linux teman-teman (petunjuk lengkap instalasi bisa kunjungi situs ini).

Selanjutnya, teman-teman masuk ke folder tempat lampp terinstall (biasanya ada di folder root – opt). Kemudian masuk ke folder xampp-control-panel dengan dolphin dan langsung masuk ke root (ada di kiri dengan warna folder merah) /opt/lampp/share/xampp-control-panel/ . Di dalam folder /opt/lampp/share/xampp-control-panel/ ada file xampp-control-panel dan xampp-control-panel.py. Mungkin pada distro lain, xampp-control-panel bisa digunakan untuk membuat link shortcut, tapi yang saya coba di opensuse 12.1 xampp-control-panel.py yang berhasil saya gunakan dalam membuat shortcut.

Ok, cukup intermezonya, hehe. Masih berada dalam dolphin klik tombol split yang berada diatas kemudian masuk ke folder home kemudian ke folder Desktop. Hasilnya ada pada gambar berikut.

Tampilan Split Folder.
Jika sudah seperti tampilan di atas, klik kanan pada area folder Desktop (yang berada di split kanan). Kemudian Create New > Link to Applications. Pada tab General, isikan nama "xampp" (tanpa tanda petik) lalu klik tab Application isikan field-field sesuai kebutuhan. Sedangkan pada field Command, klik tombol browse dan cari xampp-control-panel.py yang ada di folder /opt/lampp/share/xampp-control-panel/.

Langkah selanjutnya, masih pada tab Application, klik tombol Advanced Options yang berada dibawah. Pada area user, centang Run as different User dan ketikan user root pada kolom username. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Pengaturan Shortcut, memberi hak akses Root.

Selanjutnya klik tombol ok dan ok untuk menutup konfigurasi shortcut yang kita buat. Langkah selanjutnya teman-teman bisa mencoba shortcut tadi dengan double click dan akan ada popup window yang meminta memasukkan password user. Seperti gambar dibawah ini.

Tampilan PopUp Window, untuk meminta memasukkan password

Jika sudah memasukkan, akan memunculkan Xampp Control Panel seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Xampp Control Panel yang dibuka dari Shortcut

Untuk mengetahui apakah xampp berhasil dijalankan, saat kita klik tombol start, akan terasa lama. Ini sebagai tanda jika kita sudah benar memilih xampp-control-panel.py sebagai command yang dimasukkan saat pengaturan shortcut tadi. Tidak akan lama, tombol start akan berubah menjadi stop, dan status pada Apache, MySQL, dan ProFTPD menjadi running. Selanjutnya kita tes pada browser dan akan tampil seperti pada gambar.

XAMPP berhasil dijalankan setelah diaktifkan di Xampp Control Panel.

Untuk mengubah icon pada shortcut bisa diatur dengan klik kanan pada shortcut. Dan pada tab General, klik tombol yang ada di samping nama shortcut dan browse icon yang diinginkan. :) Selamat mencoba dan salam opensource teman-teman :)

Komentar