Menampilkan Foto Profile di Hasil Pencarian Google

Sudah lama tidak membagi pengalaman tentang melakukan editing blog. Kali ini, saya tertarik dengan perombakan yang dilakukan oleh google dalam meningkatkan kualitas mesin pencarinya. Apalagi, baru saja untuk bulan ini sudah ada algoritma baru untuk menentukan SEO di mesin pencari google. Menariknya, dengan layanan sosial media yang dikembangkan oleh google, Google+, kini sudah bisa terintegrasi dengan website yang dibuat oleh semua kalangan. Dimana, setiap hasil pencarian dengan keyword tertentu akan menampilkan foto profil google+. Sangat menarikkan? Contohnya, pada gambar disamping ini. Barayuda.Web.id ini, dimesin pencarian google sudah menampilkan author dari blog ini. :). Caranya, ternyata sangat mudah loh.

Dimesin pencari google, dengan keyword tertentu, sebagai contoh disini saya menggunakan keyword "setting path java linux" (keyword ini sedang hotnya :P), alhasil webblog ini berada pada halaman 5. Terlihat pada gambar ada foto profile google+ saya juga ikut ambil andil, bahwasanya tulisan dalam webblog ini yang menulisnya adalah saya sebagai pemilik webblog.

Untuk mendapatkan hal yang sama, teman-teman bisa memulainya dengan memasang widget google+ pada website atau webblog teman-teman. Untuk itu, teman-teman bisa mengambil kode widget tersebut pada link ini (jangan lupa login dulu pada akun google+ teman-teman). Silahkan masukkan id google+ teman-teman, dan silahkan kostumasi sesuai dengan keinginan :)

Langkah-langkah berikutnya yang saya lakukan:
  1. Setelah kostumasi tadi, usahakan pasang widget tersebut pada halaman "home" atau awal dari website teman-teman. (ini agar memudahkan crawl google melacaknya).
  2. Berikutnya, pada halaman profil website teman-teman, tambahkan link profil google+ dengan mengedit tag "a"-nya dengan menambahkan atribut rel="author" pada tag tersebut. Contoh:
  3. <a href="https://plus.google.com/101169865857654555922" rel="author">John's Google+ profile</a>
  4. Selanjutnya jangan lupa, buat link ke halaman profil teman-teman di halaman "home".
  5. Untuk mengecek apakah sudah terdeteksi, teman-teman bisa mengeceknya disini.
Semoga berhasil dan tampilannya sesuai dengan yang diharapkan. Untuk penjelasan lebih lanjut, google telah menyediakan jawaban untuk authorship ini di halaman google answer berikut ini. (Klik disini)



Selamat mencoba :D

Komentar

  1. Kok punya saya ndak mw muncul yah?

    BalasHapus
  2. kalau langkah yg saya coba sharingkan sudah benar seharusnya langsung muncul raka :D
    Dan, pastikan website sudah didaftarkan pada direktori google,
    ini memudahkan proses crawling utk semua layanan google :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan Komentar sahabat disini atau feedback untuk kemajuan blog ini :)
Jika ingin bertukar link website atau blog silahkan klik disini :)

Salam Blogger.