Setting PATH VARIABLE Java di openSUSE 12.1

Perjalanan panjang dalam rangka single OS linux, banyak sekali tantangan yang saya alami agar bisa linux yang saya gunakan berlaku di pekerjaan dan masa pembelajaran saya. Kali ini, akhirnya saya menemukan setting path variable java yang tepat di opensuse. Setelah berdiskusi panjang di stackoverflow, akhirnya saya menemukan titik terang setting pathnya yang tepat. Berikut coba saya sharing kepada teman-teman yang mungkin juga mengalami kendala yang sama.

Pertama, teman-teman silahkan download java versi Development Kit (JDK) atau Runtime Environment (JRE). Disini saya menggunakan versi JDKnya (Download). Setelah teman-teman download (extensi file java nya tar.gz), buka konsole teman-teman dengan dengan hak user root dan ekstrak file yang di download tadi (jdk-7u3-linux-i586.tar.gz) ke folder /opt, dengan cara pindah posisi ke folder tempat teman-teman menyimpan hasil download file jdk tadi. Kemudian, copy-kan file tersebut ke folder opt dengan command, “cp jdk-7u3-linux-i586.tar.gz /opt

Setelah itu, teman-teman beralih ke folder opt dengan command, cd kemudian dilanjutkan lagi dengan cd /opt. Selanjutnya, ekstrak file jdk-7u3-linux-i586.tar.gz tadi dengan command “tar xzvf jdk-7u3-linux-i586.tar.gz”. Jika sudah akan ada folder jdk1.7.0_03. Untuk mengetesnya, masih pada terminal ketikkan java -version, akan terlihat seperti ini:

java version "1.7.0_03"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.7.0_03-b04)
Java HotSpot(TM) Server VM (build 22.1-b02, mixed mode)

Selanjutnya, kita akan menyetting path variablenya. Langkah yang saya dapat, untuk mengecek apakah function java seperti java, javac dan teman-temannya sudah dikenali di semua struktur folder cek dengan command ini, ls -l /usr/bin/java. Nah, jika keluaran dari command tersebut mirip seperti dibawah ini:

lrwxrwxrwx 1 root root 25 May 11 11:59 /usr/bin/java -> /opt/jdk1.7.0_03/bin/java

maka, path variablenya sudah benar untuk langkah ini. Jika tidak, kita perlu mengarahkannya dengan command ini:

ln -s /opt/jdk1.7.0_03/bin/java /usr/bin/java

Tapi, sebelumnya pastikan file java dalam folder /usr/bin tidak ada. Maka pastikan dengan menghapusnya dengan command rm /usr/bin/java. Baru kemudian teman-teman arahkan path variablenya dengan command diatas. Berikutnya, teman-teman cek lagi dengan perintah ls -l /usr/bin/java . Keluaran yang dihasilkan akan seperti diatas yang menunjukkan sudah diarahkan ke /opt/jdk1.7.0_03/bin/java

Jika teman-teman sudah sampai disini, ini belum selesai. Kita perlu mengatur bash command agar perintah di session aktif opensuse bisa mengenal perintah java. Misalnya, teman-teman login dengan user root atau user teman-teman sendiri. Nah, disini kita bisa mengedit file .bashrc yang ada di root atau membuat file dengan nama berbeda. Saya contohkan disini dengan nama .bash_profile (kenapa diawali titik? Agar dianggap file sistem dan di hidden).

Cara membuatnya, (ini masih di konsole dengan user root) jika teman-teman sedang menggunakan user selain ROOT, maka teman-teman masuk dulu ke struktur folder dari user teman-teman dengan command, cd /home/nama_user kemudian kita buat file baru .bash_profile dengan mengetikkan kwrite .bash_profile. Selanjutnya, teman-teman copy paste kode ini dan simpan:

export JAVA_HOME=/opt/jdk1.7.0_03
export PATH=$JAVA_HOME/bin:$PATH

Mungkin, jika teman-teman mencari di forum-forum java untuk linux akan ada tambahan kode ini:

export CLASSPATH=/opt/jdk1.7.0_03/lib

Sebaiknya jangan diisikan, karena itu malah membuat error class main dalam program java kita tidak terbaca padahal public static void main nya sudah ada.

Jika sudah kode tadi simpan dengan klik tombol save atau tekan CTRL+S.

Selanjutnya, teman-teman LOGOUT dari user teman-teman. Dan login lagi dengan user yang sama. Untuk mengetest, silahkan teman-teman buka konsole. Dan test, dengan cara echo $JAVA_HOME maka akan muncul:

/opt/jdk1.7.0_03

Maka, setting sudah benar dan selesai. :)
Selamat mencoba.

NB:
Jika ingin menyimpannya untuk user ROOT, silahkan teman-teman buat file yang sama (.bash_profile) dengan kode yang sama. Tapi, disimpan di folder rootnya. :)

Komentar