Manfaatkan Google Webfont untuk Design Website

Font menjadi salah satu peranan penting untuk mendesign sebuah website, itu menurut pendapat saya. :D. Dia menjadi pemanis yang sangat "manis" dan melengkapi design dari tampilan antar muka sebuah website. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengunakan font yang kita inginkan agar bisa tampil di web yang sedang kita bangun. Ada yang menggunakan javascript Cufon atau menggunakan layanan Google Webfont.

Dari pengalaman saya menggunakan cufon, karena mudah dan kita cukup mendownload script font yang ingin digunakan dan tentunya master script cufon itu. Saya biasanya menggunakan layanan font hosting dari google dan menggunakan font-font yang ada disana untuk mempercantik website yang saya buat.

Di google webfonts, kita disuguhkan 2 cara penggunaan font seperti yang saya sharing sebelumnya diatas. Kita bisa menggunakan javascript dari google api atau mengimport font yang ada di google webfonts untuk kita gunakan langsung dan memanggil fontnya menggunakan css font-family.

Salah satu cara menggunakan font yang ada di google webfonts
Ini menjadi keuntungan bagi kita yang ingin menampilkan sesuatu yang unik di website yang kita buat. Namun, jangan salah, ada kerugian juga. Kita sebaiknya bijak menggunakan layanan webfonts ini. Kenapa? Karena, semakin banyak font yang kita gunakan akan membuat load website kita menjadi sangat lambat. Nah, untuk saran saya, jika saat membuat design template, jika ada beberapa desain yang menggunakan font sebagai main konsepnya, bisa kita alihkan dengan membuatkan font itu menjadi gambar. Sebagai contoh: tulisan "web fonts" yang ada di logo google webfonts. Ini sangat menghemat waktu saat meng-load website yang kita buat. :D

Komentar