Cara Export Email Account dari CPanel

Sudah lama tidak sharing tulisan di web blog sendiri. Ada beberapa janji posting yang belum bisa saya penuhi. Terutama publish open source ABC Admin. Mungkin terlalu fokus untuk pekerjaan dan mengejar target agar bisa bayar KRS kuliah semester depan. Yang mana saya sangat bersyukur, ditengah kesibukan IP bisa tidak turun. Ok, balik ke topik, sesuai judul, ada kalanya nanti saat klien kita meminta email yang ada di hostingnya untuk diprintkan. Mungkin ada salah satu dari sahabat yang pernah diminta seperti itu (termasuk saya sih :p). Ternyata caranya sangat mudah sekali.



Kenapa bisa gitu? Kawan-kawan pasti sudah tidak asing dengan console yang ada pada browser. Biasanya di mayor browser (translate: peramban utama) istilah kerennya sih browser yang sudah lumrah kita kenal, rata-rata sudah membawa console masing-masing. Dan, kebanyakan untuk mengaktifkannya dengan menekan tombol F12 :). Nah, saat berada pada console, untuk mengambil list akun email yang ada pada cpanel kita bisa menggunakan javascript untuk melakukan hal tersebut.


Caranya, masuk ke cpanel kawan-kawan. Lalu, alihkan perhatian dan klik bagian Email Account. Selanjutnya, pilih "Results per page" 100. Selanjutnya buka console dengan menekan F12. Pada bagian console ini silahkan paste javascript sederhana berikut.

var rows = $("#table_email_accts tr.dt_info_row"),
returnString = "";
rows.each(function(i, item){
var tdList = [];
$(item).find('td:eq(0)').each(function(s, subItem){
tdList.push($(subItem).text());
});
returnString += tdList + "\n";
});
console.log(returnString);


Yup, kita sudah dapatkan email yang kita perlukan. Copy dan paste ke "notepad" atau "gedit" (setelah ini bisa di copy-kan ke Libre atau Microsoft Office).

Sedikit penjelasan, pada bagian var rows = $("#table_email_accts tr.dt_info_row"), saya menggunakan bantuan jQuery sebagai acuan parent selector. Dan membuat sebuah variable array tdList[] mengambil subitem dari masing-masingnya, tdList.push($(subItem).text());

NB:
Bagaimana jika emailnya diatas 100?
- Silakan teman-teman ke halaman berikutnya dari list email itu, dan gunakan hal yang sama di console. :)

Selamat mencoba. :)

Komentar